6 Penyebab Kucing Berkelahi, Cegah Sebelum Makin Runyam

sumber gambar: https://www.purrfectpost.com/how-to-break-up-a-cat-fight/



Catlovers, sering ketemu kucing berkelahi? Atau malah anabul di rumah suka berkelahi? Ceritanya Imo nemu nih alasan dan bagaimana cara menghentikan kucing yang berkelahi. Nah perlu banget kan kita tau? Kan ga pengen anabul gulat sama anabul lain, blom lagi suaranya yang menghebohkan itu bikin deg-deg ser kan buat kita para owner?
Tahukah catlovers semua mengapa kucing berkelahi? Apa karena dia karnivora gitu jadi lebih panas darahnya dan suka berkelahi? Oh tentu tidak. Inilah 6 alasan utama kucing berkelahi


1. Sifat Alami

Sama seperti manusia yang berbeda sifat, ada yang judes, ada yang kalem, ada yang cengengesan, ada pula yang agresif. Sifat alami ini ga bisa kita hindari. Udah dari Allah Sang Pencipta, kucing diberi sifat agresif. ya...kurang lebih kaya manusia lah yang dari lahir udah ada sifat judesnya. Nah umumnya yang agresif tuh kucing jantan. Sifatnya juga mendominasi kucing betina. Parahnya pelampiasan sifat agresif itu bisa ditujukan pada saudara kandungnya sendiri atau dengan kucing liar yang ga kenal. Pokonya asal ada yang bebrulu lewat diajak berkelahi deh...namanya juga udah nyolot dari lahir, jadi mudah tersinggung hehehe.


2. Pejantan tangguh

Maksudnya adalah sifat Agresif sesama jantan. Ini biasanya terjadi pada kucing yang belum disteril. Para jantan suka berkelahi karena rebutan kucing betina, saling menguasai wilayah, atau berusaha menjadi yang dominan dalam pertarungan.

Kucing jantan yang sudah disteril pun bukan berarti jadi 100% jinak ya. Dia akan tetap mempunyai nalurinya sebagai hewan jantan yang punya pride alias harga diri yang perlu dijunjung tinggi. Jika ia merasa ada kucing jantan lain yang dianggap menjadi pesaing dan perebut wilayah, maka ia akan berkelahi.

Hal ini nyata terjadi di rumah Omma. Alkisah ada anabul jantan yang agresif hanya pada satu anabul jantan lain (biasanya yang paling pasif) tapi baik sama anabul lainnya. Kucing Omma si Panko adalah kucing jantan dewasa marble yang ga pernah ada masalah sama lainnya. Sifat alaminya emang penuh kewaspadaan tapi sebenernya dia bisa sayang dan manja juga sama Omma. Panko dulu direscue dan disteril dari jalanan.

Panko ga pernah ada masalah sama anabul lain, apalagi sama yang betina, cuek aja ga da masalah. Tapi Panko paling benci sama Taro, kucing jantan dewasa sudah steril juga yang dulunya termasuk dominan di rumah. Tiap mereka ketemu kehebohan selalu terjadi. Apa mau dikata, begitulah upaya masing-masing dalam mempertahankan kedudukannya sebagai kucing jantan yang kuat.

3. Masalah wilayah / teritori

Kucing baru, ketika ada yang dibawa ke rumah harapan kita bisa bikin pertemanan anabul jadi mesra gitu ya. Karena manusia aja suka hidup bersosial. tapi ternyata pada dunia perkucingan berbeda. Seringkali malah kucing baru ini dibully. Kucing baru dianggap sebagai perusak wilayah atau teritori yang sudah dikuasai oleh kucing yang sudah lama menghuni di sana. Jadi ya harap maklum jika kemudian perkelahian mudah terjadi. Kita aja yang manusia kadag sering gimanaaa gitu kan kalo ada member baru di komunitas, apalagi si member dapat perhatian istimewa dari ketua, wah tambah runyam.

Ini terjadi pada kasus Orenji, kucing rescue yang kemudian dibenci hampir semua kucing Omma. padahal kucing lain dulunya saling nyapa, eh saling rukun maksudnya.

4. Ancaman Alien

Sebenarnya ini “kasus” yang masih berkaitan dengan masalah sebelumnya, yaitu masalah wilayah.  Catlovers bisa mengamati dengan jelas bagaimana kucing yang dipiara di rumah jadi agresif pada kucing di luar rumah, walaupun yang di luar itu cuma sekedar lewat aja.
Nah di rumah Omma ini paling sering dilakukan si Wek-Wek. Tiap ada kucing luar yang cuma kewat atau sekedar minta makan, maka Wek-Wek langsung beringas dan agresif. padahal Wek-Wek nih adorable banget sifatnya. Jadi perilaku agresifnya muncul karena ada kucing luar yang tidak dikehendakinya masuk ke teritorinya.

Karena itu catlovers wajib waspada untuk memastikan pagar, jendela, dan lainnya bisa melindungi anabul di dalam rumah dari alien di luar. Karena kalo sudah mengaum mengeong buas terus keluar rumah untuk sekedar baku hantam bisa runyam loh. Kucing terluka dan parahnya malah tidak bisa kembali ke rumah.

5. Pertahanan Diri (defensive aggression)

Kucing bisa jadi agresif dan akhirnya mudah berkelahi karena kucing berusaha untuk melindungi diri dari binatang atau manusia yang dianggap- menyerangnya. Anabul merasa posisinya terjepit sehingga upaya perlindungan diri dengan aneka auman, geraman, tendangan, dan gaya koprol pun dikeluarkan.
Tentu ini juga sifatnya alami, siapa saja yang merasa terancam pasti akan berusaha untuk melindungi diri walaupun artinya kemudian harus berkelahi. Sifat agresif ini juga muncul secara tiba-tiba saja, bisa terhadap binatang lain atau pada manusia yang sebenarnya tidak ada niatan sedikit pun untuk mengganggu anabul.

Contohnya terjadi sama Cookie, kucingnya Omma yang paling "absurd" hehehe. Ketika ia duduk menghadap jendela kemudian melihat kucing lain berjalan di halaman langsung saja cookie merasa tak nyaman karena ia berpikir teritorinya diganggu kucing ;ain. Pas Omma ngelus langsung deh dicakar.


6. Cemburu

Bukan cuma manusia yang bisa cemburu, kucing juga bisa jadi sangat pencemburu. terutama karena biasanya kucing baru lebih kita perhatikan jadi yang lama terpinggirkan. Nah ini nih bahayanya, kucing yang merasa dicuekin bakal ngamuk.

Kucing baru selalu dianggap sebagai alien pengganggu. Makhluk asing yang masuk ke teritori yang sudah dikuasai. Bau kucing baru ini sangat mengganggu bagi kucing lain. Jadi bukannya kita bahagia kucing ada temannya, bisa jadi malah pertarungan sengit yang ada.


Nah catlovers, 6 penyebab perkelahian kucing di atas semoga bisa jadi ilmu baru ya buat kita lebih perhatian lagi terhadap kenyamanan anabul. Bagaimanapun, anabul yang hidup penuh kedamaian, kenyamanan, dan ketenangan akan membawa kebahagiaan buatnya dan buat kita juga. Jangan lupa sterilin anabul loh ya...biar lebih kalem gitu hehehehe. 
Manfaat steril bisa klik di sini yaaa




Sumber:

Komentar

Postingan Populer