8 hal Tentang Steril Kucing Yang Biasa Ditanyakan


Pernah dengar tentang istilah spay, neuter, kastrasi, atau steril pada kucing? Apa sih artinya? Keempat istilah ini punya arti dalam bahasa Indonesia yaitu mengebiri. Masih ga ngeh juga apa itu arti mengebiri? Baiklaaah mari mari disimak penjelasannya ho ho ho.

Mengebiri artinya membuat kucing tidak bisa lagi bereproduksi alias berkembang biak. Pada jantan istilah bulenya adalah neuter dan pada betina istilahnya adalah spay, padahal setelah dicek lagi sih neuter menurut Wikipedia berlaku untuk jantan dan betina. Ini mungkin istilah yang medis banget ya tapi keduanya berarti membuat kucing tidak bisa bereproduksi.

gamabr: https://bit.ly/2I5lnze


Pada kucing jantan akan ditemukan kantong seperti bola dua biji yang menghasilkan sperma. Nah proses pengebiriannya adalah dengan membedah dua biji bola itu dan membuang testisnya. Jadi testis berupa dua biji itu kan menghasilkan sperma, nah kalo dibuang maka dua biji bola ini akan kopong jadi sperma tak lagi diproduksi. Kalo ga ada sperma yaaaa ga bisa bikin anak dong. Yap betul. Loh bahaya ga? Jawabannya baca sampai habis ya cat lovers.

Lalu pada kucing betina akan dilakukan pembedahan. Pengangkatan ovarium gitu lo istilah mudahnya. Ovarium itu indung telur, yang menghasilkan sel telur yang dibuahi sel sperma dari kucing jantan. Nah ovarium ini ada dua di kiri dan kanan, jika sudah diangkat maka tentu saja kucing tidak akan bertelur. Eh tidak akan menghasilkan sel telur, jadi ya ga bisa beranak.

Nah sekarang bolehlah fakta-fakta tentang steril ini dijelaskan lebih lanjut yaaaa.

1. Steril sakit ga?

Steril dilakukan saat kucing dalam keadaan terbius. Tentunya kucing ga kesakitan. Nah pascasteril pasti ada rasa kurang nyaman, sama kaya manusia kalo habis dioperasi pasti akan ga nyaman kan? Pada kucing jantan operasinya seperti pembedahan sederhana sih, karena Imo pernah liat sendiri hehehe. Kucing lebih cepat pulih karena operasinya kecil. Hanya buang testis tadi.

Sementara pada kucing betina prosedur operasi lebih rumit, karena ya ada pembedahan di bagian perut bawah. Mirip manusia kalo dicaesar gitu lah. Pemulihannya pun bisa makan waktu seminggu sampai bekas jahitan benar-benar kering dan aman. Nah sama seperti manusia, sebelum operasi baik kucing jantan maupun betina WAJIB puasa. Lamanya puasa sekitar 8 jam dan waktu siumannya kucing ya…bisa beberapa jam lah ya.


2. Mengapa kucing perlu disteril?

Ada banyak skeali alasan yang detilnya bisa disimak di sini. Tapi alasan utama dari steril adalah untuk mengontrol populasi kucing. Ingat ga ada KB kucing, yang ada cara pengontrolannya hanya lewat steril. Kalo mau kucingnya beranak banyak dan siap menampung puluhan anak yang dihasilkannya sih ga masalah ya. Tapi apa iya cat lovers punya kemampuan untuk merawat dengan layak semua anak-anak kucing?

Tiap 4 bulan kucing itu birahi. Sekali lahiran bisa 3-5 anak kucing. Katakanlah 3 anak kucing aja, jadi setahun bisa beranak jadi 9 ekor. Kalo kucing dipiara 2 tahun aja bisa jadi 18 ekor anak kucing loh. Yakin bisa merawat semuanya? Yakin juga ada temen atau sodara yang mau diberi anakan kucing dan mereka akan bahagia selamanya?

Pada kucing jantan pun steril perlu karena mereka bisa membuntingi banyak kucing betina dan kucing suka kabur plus pipis sembarangan (spraying yang artinya nandai teritori) selama belum disteril. Sementara kucing betina pas birahi ngeang-ngeong dan bisa mengganggu kenyamanan kita.
Yang jelas selain mengontrol populasi, steril kucing bisa menyehatkan kucing. Kucing betina yang banyak melahirkan biasanya kurus, kurang sehat dan rawan terkena penyakit. Ga mau kan kucing kita jadi begitu?

3. Kapan kucing bisa disteril?

Kucing bisa disteril di usia 6 atau 7 bulan. Pada kucing jantan perhatikan saja jika kedua biji bola testis itu sudah muncul dan membesar yaaa berarti waktunya steril. Pada kucing betina tidak nampak tandanya kecuali dengan perkiraan umur. Pastikan kucing tidak dalam keadaan hamil ya, karena kalo keburu hamil ya cat lovers kurang beruntung dan wajib merawat anak-anaknya yang nanti dilahirkan. Makanya sebelum kucing betina ngeong-ngeong birahi atau dihamili kucing jantan tak bertanggung jawab ya segeralah disterilkan.

Anabul yang lagi diangkat ovariumnya
sumber: https://bit.ly/2tjFy2e


4. Apa kucing masih bisa kawin setelah steril?

Bisa dong, tapi…ga bakal bisa jadi anak. Kan ga ada sel telur dan ga ada sel sperma lagi yang dihasilkan. Jadinya ya…aman-aman aja. Steril bukan membuat kucing malas kawin tapi membuat kucing jadi tidak bisa bereproduksi alias menghasilkan keturunan.

5. Adakah perubahan kucing yang sudah steril?

Tentu saja ada. Kucing lebih gemuk karena hormon perkembangbiakan berubah jadi hormon tumbuh kembang. Trus kucing jadi lebih jinak, lebih manja, lebih suka merawat diri (grooming) dan kucing jadi lebih anteng alias ga suka kabur-kabur kejar-kejar betina atau dikejar jantan pas musim kawin tiba.

6. Kemana harus sterilin kucing?

Pastinya ke dokter hewan ya cat lovers. Jangan pergi ke tempat-tempat lain hehehehe.

7. Berapa biaya steril kucing?

Biaya steril kucing betina berkisar antara 600 – 800 ribu rupiah dan bisa termasuk biaya inap selama 3 hari biasanya, atau bisa juga tidak. Kalo tidak ada fasilitas rawat inap dari dokter hewan berarti pemilik kucing wajib mengganti perban atau merawat luka abis operasi sterilnya mpus secara mandiri. Ya emang ribet sih, tapi kan keuntungannya sepanjang jayat, ga akan ada kitten-kitten yang terlantar.

Pada kucing jantan biaya biasanya 400 – 600ribuan. Kalo yang jantan perawatannya mudah. Abis operasi, dia sadar, makan dan minum, lalu udah bisa deh lari-lari.

Kerennya ada banyak steril bersubsidi yang digagas oleh beberapa komunitas kucing. Bahkan kadang kala Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sering mengadakan subsidi steril atau malahan gratis lo. Omma dulu beberpaa kali bisa dapat steril mpus gratisan dari Dinas Pertanian di Perak yang ada pelayanan kesehatan hewannya. Tinggal pantengin aja infonya atau nanya-nanya ke Puskeswan terdekat, siapa tahu ada program subsidinya.

Nah kalo disubsidi harganya bisa jadi 150 – 250 ribuan untuk jantan dan 200 – 350ribuan untuk betina. Sering-sering aja follow instagram beberapa komunitas yang ngadain steril subsidi ya. Hemat banget kaaaan?

Anabul yang udah steril bisa gendats begini loh...
yakin ga pengen bikin mpus sejahtera?
https://bit.ly/2I97gcl


8. Amankah steril kucing?

InsyaAllah aman karena dikerjakan oleh dokter hewan yang mumpuni. Bahkan steril aturannya hanya dilakukan oleh dokter hewan yang berizin jadi bukan yang abal-abal ya. Pastikan vet langganan atau dokter yang terlibat dalam steril subsidi benar-benar yang ahli di bidangnya, yang berlisensi alias berizin praktik.

Nah cat lovers tercinta, masih ragu untuk sterilin kucing-kucing? Jangan ragu dan mulai nabung ya. Tindakan sekali seumur hidup ini bisa menyelamatkan banyak nyawa kitten, induk, dan bapaknya. Sebagai pemilik yang bertanggung jawab dan yang ngaku sebagai cat lovers pasti berat kan lihat kucing yang kelaparan dan terlunta-lunta karena owner ga sanggup kasih makan lagi? Cus deh segera steril. Klik di sini kalo mau alasan detil lainnya yaaaaa.



Komentar

Postingan Populer