7 Pertolongan Pertama Pada Kucing, Catlovers Wajib Tahu



Hai Catlovers,

Apa kabar para anak bulu – anabul di rumah? Semoga selalu sehat dan bahagia selalu ya. Hari ini mau bagi postingan nih tentang maalah yang sering dihadapi oleh para Catlovers pas si kucing sakit. Berdasarkan pengalaman mengasuh kucing-kucing rescue kami yang sudah dititipkan Allah pada kami maka ini beberapa tips sederhananya ya.

Ingat, tips ini bisa diterapkan pada kucing sampai 5 hari pertama ya. Jika belum sembuh segera hubungi dokter hewan. Khusus untuk diare jika tidak sembuh dalam waktu 3 hari segera bawa ke dokter karena dikhawatirkan kucing akan dehidrasi dan bisa mengancam keselamatannya.


1. Mata Belekan

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memberi obat cacing pada kucing. Jadi ciri cacingan itu salah satunya adalah belekan. Nah tips untuk pemberian obat cacing pada kucing bisa dicek di sini.
Setelah diberi obat cacing maka mata kucing dibersihkan. Gunakan kapas bersih yang sudah ditetesi Yrins sampai cukup basah. Yrins bisa dibeli di apotek ya, ini semacam obat pembersih mata, kalo kelilipan manusia bisa pakai ini juga sih. Nah mengusap atau membersihkan mata kucing ini dilakukan 2x sehari ya.

https://www.instagram.com/myriawidyasti
  2. Diare

Diare pada kucing penyebabnya macam-macam Catlovers. Ada yang disebabkan karena pakan kucing diganti (ganti merk) atau bisa juga si kucing memang sakit. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memberi kucing:
  • Guanistrep 2x sehari atau
  • Lacto B (1/5 sachet) sehari 2x,
  • Atau kucing diberi makanan basah  (wet food) yang biasanya dijual kalengan dengan dicampur tempe rebus 2x sehari.

Guanistrep dan Lacto B bisa dibeli di apotek ya. Kalau pup kucing masih lembek terus coba ganti pakannya. Atau pakan yang ada sekarang dicampur dengan Royal Canin Intestinal.



3. Sulit Pipis

Wasapadalah Catlovers jika kucing mulai sulit pipis. Ini sebenarnya gejala masalah pada kandung kemih atau ginjal kucing. Pertolongan pertama yang  bisa dilakukan adalah dengan mengganti pakan kucing dengan Royal Canin Urinary. Khusus buat kucing jantan, kemaluannya dibersihkan dengan handuk tipis yang dicelup air hangat, karena kucing jantan seringkali buntu saluran pipisnya. Jadi perlakuan untuk kucing jantan yang sulit pipis beda ya, selain diberi R Royal Canin Urinary harus dibersihkan juga kemaluannya.


4. Sakit Telinga

Kucing bisa sakit telinga? Bisa dong. Ciri jelas jika telinga kucing bermasalah adalah yang nampak dari kotoran telinganya. Jika kotoran telinga kering tidak basah, maka bisa jadi itu adalah tungau telinga/ear mite. Obatnya dikasih Revolution atau tetes buat membasmi ear mite. Revolution penggunaannya diteteskan ke tengkuk kucing ya.
Jika kotoran telinga basah maka beri Otopain. Otopain ditetes langsung di telinga kucing.Seperti biasa beli di apotek dan diteteskan hanya 1 tetes saja sebanyak 2x sehari. Jangan lupa selalu bersihkan telinga kucing dengan kapas bersih sesudahnya, cek selalu kebersihan telinga kucing tersayang ya.


5. Kutu

Catlovers, suatu hari saya pernah ke dokter hewan dan di depan mata ada kejadian yang super memilukan. Kucing sekarat dan kemudian mati karena kutu yang terlalu banyak menyedot habis darah kucing. Kucing ras bulu panjang yang lucu. Tragis kan? Catlovers harus waspada jika kucing mulai garuk-garuk badan terus menerus. Coba cek apa ada kutu di bulu-bulu kucing. Kutuan ini nampak sepele tapi ternyata bisa mematikan karena kutu menghisap darah kucing, jika tak diobati kucing jadi tak nyaman dan akibatnya nafsu makan menurun dan pertahanan tubuhnya berkurang terus.

Nah, jika ingin mencegah atau mengobati kutu pada kucing coba mandikan kucing dengan shampoo kutu. Yang saya rekomendasikan adalah merk Machiko. Habis mandi langsung mati semua kutunya, berguguran di lantai. Hiiiii… Atau jika Catlovers malas memandikan maka beli Revolution atau Frontline. Keduanya obat tetets yang tinggal diteteskan di tengkuk kucing. Dijamin mati deh kutunya.


6. Scabies
Scabies ini adalah penyakit yang menyerang kulit kucing Bulunya rontok dan bagia tubuhnya berkerak. Biasanya menyerang bagian wajah kucing dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh jika tidak diobati. Gatalnya luar biasa sehingga kucing pun pasti tersiksa.

Pengobatan scabies secara mandiri bisa  dengan menteskan Revolution ke tengkuk kucing. Baiknya sih dibawa ke dokter hewan karena scabies ini menular ke kucing lain dan juga manusia. Jika kucing mulai terkena scabies maka segera bawa ke dokter hewan. Ada suntik scabies (parasite) yang harganya terjangkau. Mulai 25,000 sampai 65,000. Ulasan khusus tentang scabies bisa dibaca di sini yaaa.


7. Pup Kucing Berdarah

Pernah mengalami masalah seperti ini kah Catlovers? Ada darah di pup kucing? Nah penyakit ini berkaitan dengan pencernaan kucing juga. Langkah yang bisa dilakukan adalah segera memberikan obat cacing pada kucing. Ganti juga pakannya, beri wet food selama dua atau tiga hari. Jika belum sembuh cobaganti pakan dengan Royal Canin Gastrointestinal

Nah di atas adalah 7 tips pertolongan pertama pada kucing dan pengobatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Ingat jika dalam waktu 5 hari keadaan kucing belum berubah, segera bawa ke dokter hewan langganan ya Catlovers. Sekali lagi untuk kasus diare wajib segera dibawa ke dokter hewan, maksimal rawat 3 hari saja di rumah.

Selalu pastikan untuk mengecek keadaan kucing dan menjaga kebersihan kandang, pakan, dan kotak pup kucing juga ya. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan Populer